Toturial Ms. Exel

25 Februari 2014

Sejarah Perkembangan Komputer

Seperti yang kita tahu, sekarang banyak sekali alat-alat elektronik yang canggih, diantaranya laptop dan tablet. Laptop dan tablet merupakan salah satu alat elektronik yang mempunyai kecanggihan yang dapat digunakan untuk mengetik, menhitung, dan melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Dulu, semua pekerjaan itu hanya dapat dikerjakan oleh computer desktop. Kini, seiring berkembangnya waktu dunia elektronik menjadi semakin canggih. Komputer pun menjadi semakin berkembang, baik itu dari segi designnya hingga kemampuan yang dimilikinya. Padahal, dulunya computer digunakan sebagai alat hitung untuk membantu menghitung angka-angka sampai akhirnya menjadi suatu perangkat multifungsi seperti sekarang ini. Kini dapat kita lihat anak-anak sampai orang dewasa telah mengerti dan memahami fungsi serta manfaat dari computer. Tapi, mungkin sebagian besar dari mereka masih banyak juga yang belum tahu mengenai sejarah computer, sampai perkembangannya.
informasi tentang komputer, sejarah komputer, sejarah perkembangan komputer


Sejak jaman dulu manusia memang memerlukan alat bantu untuk hitung. Baik itu perbintangan, perdagangan maupun pekerjaan lainnya yang sangat memerlukan alat bantu hitung. Menurut para ahli sejarah, alat hitung pertama kali yang dibuat oleh manusia adalah Abacus atau sering disebut Sipoa yang ditemukan 25 ribu tahun silam oleh bangsa China, dan hingga saat ini masih digunakan. Berbeda lagi dengan bangsa peru dan cina yang  menggunakan quipus yang berupa tali simpul. Di setiap simpulnya melambangkan suatu bilangan tertentu. Kemudian, setelah tahun 1642, di Perancis, Blair Pascal sukses menciptakan mesin hitung yang hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan saja, dan diberi nama Adding Machine, sampai kemudian disempurnakan  oleh Von Leibnitz untuk mengerjakan operasi matematic yang lainnya di tahun 1673.
Setelah ditemukannya listrik oleh M. Faraday, lalu munculah era komputer elektronik, sehingga mulai berkembang alat yang menggunakan tenaga listrik, termasuk komputer. Pada tahun 1942 John Atanasoff dari AS adalah orang pertama yang merancang komputer elektronik dan sampai saat ini pun masih terus berkembang.

Sejarah Perkembangan Komputer

Era perkembangan komputer dikelompokkan menjadi beberapa periode, yaitu :
1.    Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komponen utamanya menggunakan lampu tabung.
  • Ukuran per unit komputer sangat berat dan besar.
  • Membutuhkan alat pendingin yang cukup banyak karena cepat panas.
  • Boros listrik.
  • Prosesnya relatif masih lambat.
  • Ketepatan hasil prosesnya rendah.
  • Kapasitas data kecil.
2.    Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer ini adalah transistor yang lebih unggul segalanya daripada tabung hampa tapi berharga jual murah, dan kelemahan pada generasi pertama dapat diperbaiki.
3.    Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi transistor. Dari sebuah keping IC, bisa menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, hingga memiliki kinerja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.Walaupun ukurannya lebih kecil, tapi kecepatannya semakin tinggi, kapasitas lebih besar serta memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.
4.    Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen utama komputer ini telah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang kemampuannya ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil.
5.    Komputer Generasi Kelima
Sekarang para pakar komputer merancang serta memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama, yaitu AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan yang bisa menentukan sikap sendiri apabila akan menerima data. Dan untuk apapun data itu merupakan atas inisiatif sendiri serta akan terus berkembang sampai saat ini.

Dari Sejarah Perkembangan Komputer yangdiuraikan diatas, sekarang kita telah mengetahui beberapa jenis generasi perkembangan komputer dari awal diciptakan sampai semakin berkembangnya desain maupun kemampuannya hingga sekarang ini. Walaupun telah banyak diciptakan laptop dan juga tablet yang mudah dibawa kemana pun, tapi kemampuan serta kecanggihan komputer tidak akan pernah habis termakan oleh waktu. Semoga informasi mengenai Sejarah Perkembangan Komputer ini bisa menambah wawasan anda.

Link sumber dari: http://www.abwaba.com