Toturial Ms. Exel

25 Februari 2014

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah Internet. Internet, yaitu sebuah kata yang pada saat ini sangat kerap sekali menjadi perbincangan oleh banyak orang. Internet sekarang ini layaknya kehidupan kedua untuk semua orang. Dengan dunia internet kita dapat dengan mudah untuk menemukan berbagai macam informasi dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, lewat internet juga kita dapat dengan mudah bekomunikasi dengan semua pengguna internet dari seluruh dunia. Sekarang, pengguna internet yang aktif tentunya dari seluruh dunia, serta akan terus bertambah, dikarenakan` dalam internet semua orang dapat melakukan apa pun seperti bekerja atau hanya sekadar mencari informasi saja. Meskipun hampir kebanyakan orang di penjuru dunia mengakses internet di tiap harinya, tapi mungkin juga sebagian besar dari mereka tidak mengetahui mengenai Sejarah Internet, serta siapa yang menemukan internet pertama kalinya dan dimana pertama kalinya internet digunakan.

sejarah internet
Untuk memperluas wawasan kita, sebaiknya kita mengetahui seputar sejarah serta perkembangan internet seluruh penjuru dunia. Sehingga kita tak sekedar menggunakan dan memanfaatkan internet saja, namun juga mengetahui mengenai sejarah internet itu sendiri.  Langsung saja, mari kita simak sejarah dan perkembangan internet di seluruh dunia, seperti yang akan jabarkan di bawah ini :
Internet dikembangkan perama kali di tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat suatu proyek yang disebut  ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Awalnya internet hanya dimanfaatkan untuk kepentingan militer pertahanan AS saja untuk mencegah masalah komunikasi antara kelompok dengan jarak jauh yang menggunakan jaringan telepon. Pada waktu itu sudah banyak dibuat jaringan komputer yang disebar luaskan serta dihubungkan di daerah-daerah vital. tak hanya itu, pihak militer AS pun mmanfaatkan internet untuk mengantisipasi apabila terjadinya suatu serangan nuklir.
Pada tahun 1970, telah lebih dari 10 komputer yang sudah berhasil dihubungkan, sehingga komputer-komputer tersebut bisa saling berkomunikasi satu sama lain serta membentuk suatu jaringan. kemudian pada tahun 1972, Roy Tomlinson sukses menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan bagi ARPANET. Program e-mail ini sangat mudah sehingga langsung menjadi terkenal pada waktu itu. Lalu icon ‘@’ juga diperkenalkan pada tahun yang sama yang sebagai lambang penting untuk menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan ARPANET mulai dikembangkan ke luar dari negara Amerika Serikat, serta komputer University College di London menjadi sebuah komputer pertama yang berada di luar negara Amerika untuk menjadi anggota jaringan ARPANET. Dua ahli komputer, yaitu Bob Kahn dan juga Vinton Cerf mempresentasikan suatu ide yang lebih dahsyat, sehingga menjadi cikal bakal dari sejarah internet serta pertama kalinya di presentasikan pada Universitas Sussex.
Kemudian pada tanggal 26 Maret 1976, menjadi sebuah hari yang bersejarah, sebab Ratu Inggris sukses mengirim e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Satu tahun kemudian, telah lebih dari 100 komputer bergabung dengan ARPANET serta membentuk jaringan atau network. Di tahun 1979, Steve Bellovin, Jim Ellis, serta Tom Truscott membuat sebuah newsgroup pertama serta diberi nama USENET. Kemudian di tahun 1981 France Telecom membuat suatu gebrakan dengan meluncurkan sebuah telepon televisi yang pertama. Hal ini untuk mempermudah mereka, orang-orang yang saling bertelepon sambil berhubungan dengan menggunkan video link.
Pada tahun 1990, yaitu  tahun yang paling bersejarah, pada saat itu Tim Berners Lee menemukan program editor serta browser yang bisa menjelajah antar satu komputer dengan komputer yang lain, sampai kemudian menciptakan sebuah jaringan. Program itu pada akhirnya diberikan  nama www atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling berhubungan serta membentuk sebuha  jaringan telah lebih satu juta komputer serta tumbuh istilah baru, yakni Surfing The Internet. Setelah itu, tahun 1994, situs internet tumbuh dan berkembang menjadi 3000 alamat halaman, dan yang pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul pada internet.
Dunia langsung berubah, pada tahun 1994 Yahoo akhirnya didirikan yang juga menjadi kelahiran Netscape Navigator 1.0. Itu adalah Sejarah Internet yang sampai sekarang mungkin sedang anda gunakan dan manfaatkan untuk menjelajahi internet dari komputer anda masing-masing, baik itu berinteraksi dengan sesame pengguna internet di komputer lainnya maupun mencari sesuatu yang belum diketahui.

Sejarah serta perkembangan internet itu kemudian memunculkan sebuah alat komunikasi canggih yang sampai sekarang ini tak pernah dapat ditinggalkan oleh semua orang. Telah hampir semua perangkat yang kita pakai memanfaatkan jaringan internet sebagai kebutuhan komunikasi maupun melakukan berbagai keperluan lain. Semoga informasi Sejarah Perkembangan Internet ini dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan serta ilmu anda. Demikian artikel tentang sejarah internet, semoga bermanfaat.


Link sumber dari: http://www.abwaba.com