Toturial Ms. Exel

17 Februari 2014

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel



Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :
  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencari banyaknya data dari satu range
perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :


Cara pengerjaan :
  • Jumlah Nilai pada cell F9 adalah “=Sum(C9:E9)” atau “+C9+D9+E9”
  • Total Nilai Kelas pada cell C19 adalah “=Sum(C9:C18)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C20 adalah “=Average(C9:C18)”
  • Nilai Terendah pada cell C21 adalah “=Min(C9:C18)”
  • Nilai Terbesar pada cell C22 adalah “=Max(C9:C18)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “=Count(C9:C18)”